Firmino Tidak Terbukti Bersalah atas Tuduhan Pelecehan Rasial terhadap Bek Everton

Firmino Tidak Terbukti Bersalah atas Tuduhan Pelecehan Rasial terhadap Bek Everton

Agenbola288 – Striker Liverpool, Roberto Firmino dituduh melakukan pelecehan rasial terhadap bek Everton, Mason Holgate. Namun, dirinya tidak terbukti bersalah karena tidak ada cukup bukti untuk dapat menghukum Firmino.

Insiden ini berawal saat Firmino dan Holgate terlibat keributan dalam pertandingan babak ketiga Piala FA di Anfield, pada 5 Januari lalu. Kedua pemain saling bersitegang setelah Holgate sempat sengaja mendorong Firmino dan membuatnya terjatuh di pinggir lapangan. Terjadilah adu mulut di antara mereka berdua, Holgate mengira Firmino sudah menghinannya dengan kata-kata berbau rasial.

Usai diselidiki oleh FA, Firmino dinyatakan tidak terbukti bersalah dalam tuduhan tersebut. Pihak dari FA menilai jika tidak ada bukti yang cukup kuat untuk memberikan hukuman kepada Firmino.

“Setelah kami menyelidikinya dan mempertimbangkan dari semua bukti yang telah kami kumpulkan, kami menganggap jika seluruh bukti tersebut tidak cukup kuat untuk memberikan hukuman kepada Firmino,” tulis FA.

Sementara itu, Firmino juga sudah memberikan pernyataan usai dirinya dinyatakan tidak bersalah. Pemain berkebangsaan Brazil itu sangat merasa puas karena memang dari awal insiden tersebut dan kata-kata yang diucapkannya memang bukanlah sebuah pelecehan rasial.

“Saya memang tidak pernah mengatakan kata-kata itu maupun variasi kata yang sudah diklaim dan kemudian diberitakan di berbagai media,” kata Firmino.

“Saya tidak mungkin menggunakan bahasa yang menyinggung terkait ras. Saya tidak akan dan tidak akan pernah menyinggung tentang perbedaan warna kulit ataupun budaya, dengan tujuan menghina, dalam perselisihan maupun pertengkaran,” tegas Firmino.

FA telah melakukan berbagai penyelidikan menyeluruh sebelum mengeluarkan pernyataan bahwa Firmino tidak terbukti bersalah. Mereka meminta keterangan dari 12 pemain dan pihak offisial dari kedua tim, wasit, serta offisial keempat terkait indisen tersebut.

Firmino sendiri sudah mengakui jika dirinya sudah menghina Holgate dalam Bahasa Portugis, namun hinaanya itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan warna kulit Holgate. Dan untuk membuktikan pengakuan dari Firmino, FA sampai meminta sejumlah bantuan dari spesialis Bahasa Portugis dan ahli pembaca gerak bibir untuk Bahasa Portugis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *