Ovrebo Mengakui Telah Buat Kesalahan di Laga Chelsea vs Barcelona Tahun 2009

Ovrebo Mengakui Telah Buat Kesalahan di Laga Chelsea vs Barcelona Tahun 2009

Agenbola288 – Mantan Wasit, Tom Henning Ovrebo mengakui bahwa dirinya telah membuat kesalahan di laga kontroversial antara Chelsea vs Barcelona pada tahun 2009.

 

Pertandingan semifinal leg kedua di Stamford Bridge pada tanggal 6 Mei 2009 itu berakhir dengan skor 1-1. Gol dari Andreas Iniesta di waktu injury time membuat Barcelona berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 kontra Chelsea, yang sebelumnya unggul cepat lewat gol dari Michael Essien.

 

Kedudukan tersebut membuat Barcelona berhasil menyingkirkan Chelsea dengan keuntungan gol tandang dalam agregat sama kuat 1-1, setelah kedua tim memperoleh hasil imbang dengan skor 0-0 pada partai leg pertama di Camp Nou.

 

Kepemimpinan dari Ovrebo dalam pertandingan itu sangat digugat oleh para pemain Chelsea yang merasa kalau wasit asal Norwegia yang berusia 51 tahun itu sudah berat sebelah.

 

“Tentu saja tidak,” kata Ovrebo saat ditanya oleh Media Marca apakah dirinya merasa bangga atas penampilannya dalam pertandingan tersebut.

 

“Sejujurnya hari itu bukanlah hari terbaik saya. Namun, kesalahan bukan hanya dibuat oleh wasit, terkadang juga dapat dibuat oleh sang pemain dan juga pelatih. Ada saatnya Anda tidak berada dalam keadaan yang semestinya. Saya tidak dapat membanggakan penampilan saya pada saat itu,” katanya.

 

Pada pertandingan tersebut Chelsea mengklaim berhak atas setidaknya empat kali tendangan penalti. Ovrebo lalu ditanyakan tentang situasi mana yang menjadi kesalahannya yang paling serius.

 

“Ada beberapa kesalahan dan semua orang mempunyai pendapatnya masing-masing terkait pertandingan tersebut. Namun, saya menegaskan, pemain dan pelatih juga pernah melakukan sebuah kesalahan, dan tidak terjadi apa-apa,” ujar pria yang sudah memutuskan untuk pensiun sebagai wasit pada tahun 2013 itu.

 

Salah satu keluhan keras dari The Blues pada saat itu muncul disaat Ovrebo menolak untuk memberikan penalti meskipun bola sudah jelas mengenai tangan dari Samuel Eto’o dan Gerard Pique. Dirinya masih ingat dengan kejadian tersebut.

 

“Betul sekali, dan tentu, itu merupakan handball. Saya memberikan penilaian di atas lapangan dan saya rasa tidaklah menarik untuk mengetahui apa yang ada di dalam pikiran saya setelah memberika keputusan, walaupun saya sudah mengetahui setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda terkakit keputusan yang sudah saya buat pada saat itu. Pembahasan dari masalah ini akan terus berlanjut,” kata Ovrebo.

 

Setelah pertandingan berakhir, Ovrebo langsung dihampiri sejumlah pemain Chelsea yang sudah sangat kesal dan geram. Akibat dari insiden tersebut, Didier Drogba dan Jose Boswinga mendapatkan sanksi oleh UEFA.

 

Saat usai pertandingan, dirinya mengakui jika harus berganti hotel diakibatkan banyaknya kecaman yang menghampirinya. Dia juga mengaku sampai mendapatkan ancaman mati dari para penggemar Chelsea yang juga merasa kesal dan geram akibat keputusan tersebut.

 

Pada tengah pekan ini, Chelsea akan bertemu kembali dengan Barcelona di Liga Champions, setelah hampir enam tahun mereka tidak pernah berhadapan. Kali terakhir mereka berjumpa adalah pada tahun 2012 silam. Di pertandingan ini Chelsea akan terlebih dahulu menjadi tuan rumah di partai leg pertama di 16 besar Liga Champions yang akan berlangsung pada hari Rabu (21/02/2018) dini hari WIB.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *